Wednesday, May 19, 2010

Marzuki Alie Diprediksikan Beri Kejutan

When most people think of indonesia, what comes to mind is usually basic information that's not particularly interesting or beneficial. But there's a lot more to indonesia than just the basics.

Pengamat politik dari Charta Politika, Yunarto Wijaya, menilai konstelasi perebutan posisi Ketua Umum Partai Demokrat menjelang Kongres II PD yang akan berlangsung 21 hingga 23 Mei di Kota Bandung memang semakin memanas. Hal tersebut, kata Yunarto ditandai dengan perang pernyataan secara terbuka yang terus terjadi di antara kubu dan kandidat utamanya dari Andi Mallarangeng (AM) dan Anas Urbaningrum (AU). "Namun fakta menarik untuk dicermati adalah sikap politik dari Marzuki Alie yang berbeda dengan dua lainnya. Marzuki cenderung tidak agresif dalam kampanyenya, bahkan tidak melakukan deklarasi secara formal. Akan tetapi apabila ditilik lebih dalam, bukan tidak mungkin sosok Marzukie Alie akan membuat kejutan pada detik-detik akhir pemilihan," kata Yunarto, di Jakarta, Rabu (19/5).

Those of you not familiar with the latest on indonesia now have at least a basic understanding. But there's more to come.

Beberapa indikator yang bisa menguntungkan Marzukie, kata Yunarto, antara lain perang pernyataan antara kubu AM dan AU yang semakin keras . "Dalam situasi ini, kanibalisme suara akan terjadi di antara kedua kandidat ini. Di sini justru suara untuk Marzuki akan cenderung solid karena tidak masuk dalam wilayah pertarungan ini," ulasnya.

Selain itu, kata Yunarto, Marzuki Alie merupakan tokoh senior di Demokrat. Posisi itu, ulasnya, tidak dimiliki oleh dua kandidat lain. "Usia matang dan pengalaman di saat menjadi Sekjen Partai Demokrat bisa menjadi suatu kelebihan, terutama dikaitkan dengan kebutuhan Demokrat akan sosok ketua umum yang mampu melakukan konsolidasi terhadap semua elemen partai," ujarnya.

Yunarto juga menyebut faktor lain yang juga akan menguntungkan Marzuki, yakni terkait posisinya sebagai Ketua DPR RI. "Posisi Ketua DPR itu menjadikan Marzuki dikenal dan memiliki hubungan baik dengan petinggi partai lain. Hal ini pasti bisa mendatangkan manfaat yang sebesar-besarnya dalam proses konsolidasi eksternal yang harus dilakukan oleh seorang Ketum PD dalam menjaga hubungan koalisi yang sudah dibangun," imbuhnya. (fas/jpnn)

If you've picked some pointers about indonesia that you can put into action, then by all means, do so. You won't really be able to gain any benefits from your new knowledge if you don't use it.

No comments:

Post a Comment