Thursday, February 11, 2010

Daerah Selewengkan Dana Reboisasi ?

The following article lists some simple, informative tips that will help you have a better experience with indonesia.
JAKARTA - Dirjen Rehabilitasi Lahan dan Perhutanan Sosial Indriastuti mengeluhkan banyaknya daerah yang menyelewengkan dana reboisasi untuk kepentingan di informasi beasiswa luar negeri kegiatan reboisasi hutan. "Sejauh ini hanya sedikit saja, bagi hasil dana reboisasi yang digunakan untuk penghijauan kembali," kata Indriastuti kepada wartawan, Jumat (12/2). Indriastuti mengakui kesulitan untuk mengatur dana reboisasi digunakan secara semestinya. Pasalnya, 40 perse bagi hasil dari dana reboisasi itu pengelolaannya di serahkan kepada daerah yang bersangkutan. "Kementerian Kehutanan tidak mengatur lebih jauh soal ini," ujarnya.

You may not consider everything you just read to be crucial information about indonesia. But don't be surprised if you find yourself recalling and using this very information in the next few days.

Idealnya, kata Indri, dibutuhkan dana Rp3 triliun untuk merehabilitasi 500 ribu hektare. Untuk merehabilitasi lahan 500 ribu hektare ini, Dephut hanya memiliki Rp644 miliar yang merupakan dana rehabilitasi (Gerhan) tahun 2009.

"Dana itu sifatnya multiyears, Rp250 miliar dana pemeliharaan tahun lalu dan Rp394 miliar dana pemeliharaan tahun 2009/2010. Dana sebesar itu cuma cukup untuk merehabilitasi lahan kritis seluas 100 ribu hektare. Kita akan upayakan seperti yang Pak Menhut tadi bilang, mudah-mudahan bisa pakai dana itu."

Dephut juga akan mengajak swasta berkontribusi untuk mereboisasi dan merehabilitasi lahan, misalnya dengan pola adopsi pohon. "Adopsi pohon ini caranya dengan mengajak swasta menanam dan memelihara pohon di areal kritis yang menjadi target rehabilitasi Dephut dengan biaya sendiri, Dephut tak memungut biaya apapun," katanya.(lev/jpnn)

That's the latest from the indonesia authorities. Once you're familiar with these ideas, you'll be ready to move to the next level.

No comments:

Post a Comment