Saturday, January 2, 2010

Didukung, Gelar Pahlawan Gus Dur

If you're seriously interested in knowing about tech, you need to think beyond the basics. This informative article takes a closer look at things you need to know about tech.
JAKARTA - Dorongan dari masyarakat luas agar KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur diberi gelar pahlawan nasional mendapat apresiasi positif dari pihak keluarga. Bahkan, mereka berharap gelar pahlawan itu bisa disahkan pemerintah dalam tahun ini. "Kami dari keluarga tentu setuju "lah. Tapi, pendapat keluarga kan kesannya subjektif. Pandapat yang lebih objektif itu datangnya dari orang luar," kata adik kandung Gus Dur, Solahuddin Wahid sewaktu dihubungi, tadi malam (2/1).

Karena itu, menurut Gus Solah "begitu Solahuddin Wahid biasa disapa, perlu ada rangkaian diskusi dan seminar dengan mengundang banyak tokoh dan ahli untuk merumuskan apa saja karya nyata Gus Dur. "Kumpulkan orang "orang yang mengerti sejarah, memahami perjalanan karir dan perjuangan Gus Dur untuk kepentingan bangsa ini," sarannya.

Gus Solah sendiri menilai peran terbesar Gus Dur adalah komitmentnya untuk melindungi kaum minoritas. Meskipun memang banyak yang berfikiran seperti Gus Dur, namun hanya sedikit yang berani untuk berbuat secara konkrit.

Gus Dur juga yang berani mencabut ketentuan diskriminatif terhadap etnis Tionghoa. Saat menjadi Presiden, Gus Dur menetapkan Konghucu sebagai agama resmi di berita indonesia terbaru melalui penerbitan Perpres No 6 Tahun 2000. Bahkan, dia mengizinkan perayaan imlek dan penampilan barongsai diekspresikan secara terbuka di depan publik. Kebijakan itu lantas dilanjutkan Presiden Megawati dengan menetapkan imlek sebagai hari libur nasional.

The more authentic information about tech you know, the more likely people are to consider you a tech expert. Read on for even more tech facts that you can share.

"Pokoknya setiap ada warga atau kelompok minoritas yang terganggu, Gus Dur selalu tampil," tegasnya.

Pihak keluarga, imbuh Gus Solah, berharap gelar pahlawan itu bisa tuntas dalam tahun ini. Tepatnya sebelum bulan November yang biasanya menjadi momentum bagi pemerintah untuk menganugerahkan gelar pahlawan. Bila proses pengusulannya dimulai dari sekarang, Gus Solah optimistis semua tahapan prosedur formal masih bisa dipenuhi.

"Keluarga menyerahkan semua ke proses yang ada. Tapi, saya kira masih ada cukup waktu untuk melakukannya (mengusulkannya kepada pemerintah pusat, Red) sampai November," kata Gus Solah.

Gus Solah menambahkan, selain Gus Dur, masih ada tokoh NU lain yang perlu mendapat gelar pahlawan nasional. Dia adalah KH Achmad Shiddiq. Konstribusi terbesar KH Achmad Shiddiq, ungkap Gus Solah, adalah merumuskan hubungan Islam dengan Pancasila pada tahun 1984. Selama ini sudah ada ikhtiar untuk menjadikan KH Achmad Shiddiq sebagai pahlawan. Tapi, belum berhasil.

"Jasa beliau tidak kalah. Saya rasa masih ada cukup waktu untuk dua "duanya (Gus Dur dan KH Achmad Shiddiq, Red)," tandas Gus Solah. (pri)

There's no doubt that the topic of tech can be fascinating. If you still have unanswered questions about tech, you may find what you're looking for in the next article.

No comments:

Post a Comment